Gegar Otak Bikin Romain Bardet Pulang Lebih Awal

Ag2r La Mondiale mengalami masalah besar. Tim asal Prancis ini harus kehilangan sang kapten Romain Bardet di sepertiga sisa balapan Tour de France 2020. Bardet tak bisa melanjutkan lomba karena menderita gegar otak.

Berdet mengalami kecelakaan di tengah etape 13, Jumat (11/9) malam. Meski begitu, ia bisa melanjutkan balapan dan finis di posisi ke-27. Hasil di etape 13 berdampak ke posisinya di General Classification (GC). Bardet melorot dari posisi empat ke peringkat sebelas.

Beberapa jam setelah lomba, laman resmi Ag2r La Mondiale mengungkapkan jika Bardet menderita gegar otak yang intensitasnya semakin meningkat di akhir etape 13. Bardet langsung dilarikan ke Rumah Sakit Universitas Clermont Ferrand untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

"Romain harus menghentikan semua aktivitas olahraganya untuk saat ini. Oleh karena itu ia tak akan start di etape 14 nanti," jelas dokter kepala tim Ag2r La Mondiale, dr. Eric Bouvat. Ia belum bisa memastikan kapan Bardet bisa membalap lagi.

Bardet menyelesaikan etape 13 dengan menahan rasa sakit karena gegar otak

Setelah mengalami kecelakaan parah di tengah lomba, Bardet mengaku berusaha sangat keras untuk menyelesaikan etape 13. "Pemeriksaan medis memastikan apa yang sudah saya duga. Bahwa saya tidak dapat melanjutkan balapan," ungkapnya Sabtu (12/9) pagi.

Sekarang ia hanya bisa berdoa agar timnya mendapatkan hasil maksimal di Tour de France. "Saya tahu bahwa rekan setim saya akan memberikan yang terbaik untuk menyelesaikan Tour de France dengan penampilan yang kuat," bilang peraih polkadot jersey di TdF 2019 itu.

Vincent Lavenu, Manajer tim Ag2r La Mondiale ikut bersedih dengan apa yang dialami anak buahnya. Apalagi kecelakaan itu terjadi di dekat tempat tinggal Bardet. Sebagai "tuan rumah", Bardet sebenarnya ingin unjuk gigi di hadapan pendukungnya.

"Kami akan berjuang lebih keras untuk menghormatinya. Dengan jersey polkadot untuk dipertahankan dan meraih kemenangan. Kami mengirimkan semua dukungan kami dan berharap ia akan kembali lebih kuat segera," harapnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 13

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: ASO, Getty Images


COMMENTS