Penyelenggara Il Lombardia Siap Diinvestigasi UCI

RCS Sport siap diinvestigasi oleh Union Cycliste Internationale (UCI) terkait kecelakaan yang dialami dialami Max Schachmann (Bora-Hansgrohe) di Il Lombardia, Sabtu (15/8) kemarin. RCS Sport mengaku sudah mempersiapkan sistem keamanan terbaik di salah satu balapan Monumen tersebut.

Dalam siaran persnya Minggu (16/8) kemarin, UCI bakal memperkarakan masalah kecelakaan Schachmann ke komisi disiplin. Menurut mereka, kecelakaan itu tidak sepatutnya terjadi di WorldTour sebagai level tertinggi balap sepeda dunia.

Direktur RCS Sport Mauro Vegni mengatakan, hingga saat ini mereka belum menerima peringatan resmi dari UCI. Mereka baru mengetahuinya dari siaran pers di laman resmi UCI. Vegni mempersilahkan UCI jika ingin menyelidiki kasus ini.

"Kami melakukan yang terbaik untuk keselamatan. Dalam rute 230 kilometer itu ada ribuan access point," katanya kepada La Gazzetta dello Sport.

"Saya sangat menyesal atas apa yang terjadi. Akan tetapi, saya juga menyadari bahwa ini cukup rumit. Untuk memblokir setiap akses diperlukan tiga ribu orang. Anda tidak dapat melakukannya. Dan tidak mungkin untuk tidak mengetahui tentang Il Lombardia. Sebab pemerintah Kota Como telah menerbitkan rute balapan di mana-mana," jelasnya.

Sementara itu, pengemudi mobil yang nyelonong masuk ke arena balapan Il Lombardia telah dijatuhi denda sebesar 129 EURO dari pemerintah setempat. Aksinya membuat Schachmann celaka. Juara nasional Jerman itu mengalami patah tulang selangka.

"Saya tidak tahu ada balapan," kata wanita pengemudi mobil itu menurut La Gazzetta dello Sport.

Berdasarkan hasil rekonstruksi oleh penyidik, pengemudi masuk di jalur yang tidak terpantau oleh polisi. Dia didenda karena mengemudi di jalan yang tertutup, serta berbelok kiri tanpa memastikan dia bisa melakukannya dengan aman. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 9

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Bettini Photo, Eurosport


COMMENTS