Jadwal WorldTour 2020 tampaknya bakal berubah lagi. Dari Italia, mencuat kabar jika dua balapan Monumen, yakni Milan–San Remo dan Il Lombardia akan dilangsungkan pada bulan yang sama, yakni Agustus. Il Lombardia digeber 8 Agustus. Sementara Milan–San Remo digelar 15 Agustus.

Milan–San Remo seharusnya dilaksanakan Maret lalu. Akan tetapi, pandemi coronavirus membuat balapan ini gagal berlangsung sesuai jadwal. Dalam revisi jadwal yang dirilis Union Cycliste Internationale (UCI) pada awal Mei lalu, Milan–San Remo digelar 8 Agustus. Sedangkan Il Lombardia dilangsungkan 31 Oktober.


RCS Sport sebagai penyelenggara kedua event itu meminta perubahan tanggal ke UCI. Mereka ingin menempatkan menyelenggarakan Il Lombardia pada 8 Agustus, dan Milan–San Remo pada 15 Agustus. UCI akan memutuskan masalah ini Jumat (12/6) besok.

Selain dilangsungkan pada 15 Agustus, Milan–San Remo rencananya akan finis di Via Roma pada malam hari. Sekitar pukul 19.00. Padahal UCI telah mengeluarkan aturan agar baru agar balapan haru selesai sebelum pukul 17.30. "Kami akan meminta dispensasi dari UCI," kata CEO RCS Sport, Paolo Bellino.

Masalahnya, jadwal baru Milan–San Remo yang diajukan RCS Sport berbenturan dengan Criterium du Dauphine yang digelar 12-16 Agustus. Menurut Bellino, UCI sempat menyarankan Milan–San Remo digelar 22 atau 23 Agustus. Padahal pada 23-27 Agustus digelar Kejuaraan Eropa.

"Saya sangat marah. Saya banyak berdebat dengan Presiden UCI David Lappartient. Dia telah mengatakan kepada saya bahwa kami bisa melaksanakan Milan-San Remo pada 22 atau 23 Agustus. Serta kejuaraan nasional dan kejuaraan Eropa tidak akan terjadi," ucap Bellino kepada La Gazzetta dello Sport.

RCS Sport mengungkit jadwal anyar Giro d'Italia (3-25 Oktober) yang tumpang tindih dengan Vuelta a Espana (20 Oktober-8 November), Liege-Bastogne-Liege (4 Oktober), Tour of Flanders (11 Oktober), dan Paris-Roubaix (25 Oktober). Di satu sisi, jadwal Tour de France tidak overlap dengan balapan Monumen maupun Grand Tour.

Jika permintaan ini disetujui oleh UCI, maka Italia akan ada lima balapan on day race yang dilaksanakan di Italia pada paruh pertama Agustus. Dimulai dengan Strade Bianche pada 1 Agustus. Dilanjutkan Gran Piemonte yang telah dijadwalkan pada 5 Agustus.

Kemudian Il Lombardia akan berlangsung 8 Agustus. Selepas itu balapan Milano-Torino yang akan berlangsung 12 Agustus. Kemudian Milan–San Remo pada 15 Agustus. Jika disetujui pula oleh UCI, maka Milan–San Remo akan berlangsung bersamaan dengan hari libur umum di Italia, Ferragosto.

"San Remo dan Ferragosto adalah dua simbol yang sangat kuat. Keduanya adalah kebiasaan Italia, olahraga dan sosial. Anggap saja ini sebagai festival musim panas untuk orang Italia. Itu akan lebih signifikan setelah penderitaan dan tragedi dalam beberapa bulan terakhir," jelas Bellino.(mainsepeda)

Foto: Twitter Milan–San Remo dan Il Lombardia


COMMENTS