Tour Down Under 2021 akan berlangsung 14-24 Januari tahun depan. Event ini akan dibuka dengan women's race pada 14-17 Januari. Kemudian dilanjut dengan Schwalbe Classic pada 17 Januari 2021. Sedangkan balapan untuk kelompok putra dilaksanakan pada 19-24 Januari.

Dalam keterangan resminya, Selasa (9/6) sore, pihak penyelenggara memastikan bahwa balapan tahun depan akan dilaksanakan di wilayah Adelaide dan daerah sekitarnya. Namun, rute resmi Tour Down Under 2021 baru akan diumumkan pada akhir tahun ini.

"Tour Down Under bekerja untuk memberikan program lengkap untuk balapan 2021 dan akan memantau situasi yang terkait dengan COVID-19," bunyi pernyataan resmi penyelenggara.

Tour Down Under berlangsung sukses pada 2020. Total penontonnya sebanyak 779.362 orang. Balapan tahun ini menarik 44.801 pengunjung dari luar negeri yang bepergian ke Australia hanya untuk melihat event ini. Tour Down Under 2020 menghasilkan manfaat ekonomi sebesar 66,4 juta AUD.

"Dalam masa yang sulit bagi semua warga Australia, kami sangat senang dengan hasil yang dicapai oleh Tour Down Under 2020. Hasil ini harus dirayakan oleh layanan dan perusahaan yang berkontribusi langsung ke acara ini," kata Direktur Eksekutif Events South Australia, Hitaf Rasheed.

Tour Down Under 2020 berlangsung setelah Australia dilanda kebakaran hutan yang amat hebat. Meski demikian, bencana itu tak menyurutkan minat pecinta olahraga ini untuk menyaksikan balapan paling akbar di Australia tersebut.

“Kami bangga dengan peran Tour Down Under yang dapat berlanhsung dalam waktu yang sangat sulit bagi Australia Selatan," imbuh Rasheed.

Sementara itu, Tour Down Under 2020 dimenangkan oleh Richie Porte (Trek–Segafredo). Diego Ulissi (UAE Team Emirates) dan Simon Geschke (CCC Team) menghuni posisi kedua dan ketiga. Tour Down Under 2020 juga menjadi akhir dari era Mike Turtur sebagai Race Director. Tugasnya akan dilanjutkan oleh Stuart O'Grady.(mainsepeda)

Foto: Tour Down Under


COMMENTS