Rohan Dennis Tak Terbendung di Swiss

Rohan Dennis (Team Ineos) menutup Tour de Suisse 'The Digital Swiss 5' dengan kemenangan. Dennis menjadi yang tercepat pada etape kelima, Minggu (26/4) malam. Rider asal Australia tersebut menorehkan catatan waktu 59 menit 28 detik. Dennis unggul atas Nicolas Roche (Sunweb) dan Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma).

Komposisi pembalap di etape pamungkas Digital Swiss 5 ini merupakan yang terkuat dibandingkan empat etape sebelumnya. Team Ineos menurunkan juara dunia Individual Time Trial (ITT), Rohan Dennis. Selain itu, Ineos juga menampilkan juara dunia road race 2014, Michal Kwiatkowski.

Tim asal Amerika Serikat, Trek-Segafredo memainkan juara Il Lombardia 2019, Bauke Mollema dan pemenang Tour de France 2014, Vincenzo Nibali. Sedangkan jawara Vuelta a Espana 2019, Primoz Roglic menjadi salah satu pembalap yang memperkuat Jumbo-Visma malam ini.

Sementara Deceuninck - Quickstep menghadirkan pembalap top Perancis, Julian Alaphilippe. Kemudian tim asal Jerman, BORA-hansgrohe mengandalkan juara Paris-Nice 2020, Max Schachmann. Pemenang etape ketiga Digital Swiss 5, Nicolas Roche (Team Sunweb) juga ambil bagian di race pamungkas ini.

Etape kelima Digital Swiss 5 menghadirkan rute sepanjang 36 kilometer dari Camperio menuju Disentis-Sedrun. Pembalap akan melalui Lembah Blenio yang indah di atas Lukmanier Pass. Dari puncak Lukmanier Pass, rider akan melalui turunan menuju garis finis. Total ketinggian di balapan ini hanya 950 meter.

Pembalap EF Pro Cycling, James Whelan menjadi yang terdepan pada awal lomba. Hanya saja keunggulannya tak berlangsung lama. Dennis berhasil menyalip rekan senegaranya itu dalam pendakian menuju Lukmanier Pass. Setelah itu Dennis bergerak sendirian di depan. Ia tak terkejar oleh pembalap lain.

Persaingan cukup seru melibatkan Nicolas Roche (Sunweb), Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma), dan Max Schachmann (Bora-Hansgrohe). Mereka berebut posisi tiga besar di balapan ini. Dennis tak terbendung saat melewati garis finis. Roche dan Vingegaard finis kedua dan ketiga.

Kemenangannya Minggu malam ini menjadi yang kedua untuk Dennis. Sebelumnya, mantan rider Bahrain-Merida tersebut berhasil menjuarai etape pertama Digital Swiss 5. "Balapan hari ini jauh lebih sulit dibandingkan etape pertama lalu," bilang Dennis seusai balapan.

Dennis membahas bagaimana Roche dan Schachmann berusaha mengejarnya di balapan ini. Dennis hanya berusaha untuk mempertahankan posisinya di baris terdepan. Dennis juga mengukur segala kemungkinan yang bisa terjadi. Termasuk potensi lawan menyerang setelah turunan.

"Saya hanya mengukur kemampuan saya dan memastikan bahwa saya memiliki tenaga untuk berjaga-jaga jika dia (Roche) berusaha mengejar pada akhir balapan," jelas Dennis.(mainsepeda)

Hasil Etape 5 Digital Swiss 5 (Sepuluh Besar)

1. Rohan Dennis (Australia), Ineos, 59 menit 28 detik

2. Nicolas Roche (Irlandia), Sunweb, +0,11

3. Jonas Vingegaard (Denmark) Jumbo-Visma, +0,37

4. Chris Hamilton (Australia), Sunweb, +0,45

5. Max Schachmann (Jerman), Bora-Hansgrohe, +0,49

6. Jai Hindley (Australia), Sunweb +0,50

7. Ben O'Connor (Australia), NTT Pro Cycling +0,59

8. Ilnur Zakarin (Rusia), CCC +1,10

9. Nick Schultz (Australia), Mitchelton-Scott +1,16

10. Mathias Frank (Swiss), tim nasional Swiss +1,31


COMMENTS