Tour de France Diupayakan Start Akhir Juli

Pandemi coronavirus yang tak kunjung reda membuat penyelenggara Tour de France 2020 mengeluarkan Plan B. Tour de France tahun ini akan mundur sebulan dari jadwal awal. Artinya, balapan paling bergengsi di dunia tersebut diupayakan dimulai pada akhir Juli mendatang.

Tour de France 2020 seharusnya start 27 Juni dan berakhir 19 Juli nanti. Akan tetapi, pandemi coronavirus membuat masa depan balapan ini menjadi tanda tanya. Amaury Sport Organisation (ASO) sebagai penyelenggara event ini tengah memantau perkembangan dunia. Mereka akan mengeluarkan keputusan final pada 15 Mei nanti.

Walau demikian, harian Perancis, Le Parisien dan Kantor Berita Spanyol, Efe mengungkapkan bahwa ASO telah menghubungi sejumlah pemerintah kota yang dilewati rute Tour de France tahun ini. Mereka mengabarkan kepada pemerintah setempat bahwa jadwal Tour de France 2020 besar kemungkinan akan diundur.

Menurut jadwal baru, Tour de France 2020 akan start dari Nice pada 25 Juli, dan finis di Paris pada 16 Agustus mendatang. Rencana ini bakal terlaksana apabila ASO sebagai penyelenggara mendapatkan rekomendasi dari pemerintah Perancis, para tenaga medis, serta UCI (Union Cycliste Internationale).

Kabar mundurnya jadwal Tour de France sebenarnya sudah dihebuskan oleh media asal Italia, La Gazzetta dello Sport sejak seminggu lalu. Tidak hanya Tour de France, Gazzetta juga mengungkapkan jadwal baru untuk dua agenda Grand Tour lainnya, yaitu Giro d'Italia dan Vuelta a Espana.

Berdasarkan laporan Gazzetta, Tour de France bakal dilangsungkan 25 Juli hingga 16 Agustus mendatang. Persis yang diungkapkan Le Parisien dan Efe. Sementara Vuelta akan dilangsungkan seminggu setelah Tour de France. Vuelta disebut akan mengalami pemotongan rute. Sedangkan Giro digeber pada 3-25 Oktober.


Sementara itu, Bos ASO, Christian Prudhomme menolak usulan Menteri Olahraga perancis, Roxana Maracineanu untuk menggelar Tour de France tanpa penonton. "Tour de France tetap disaksikan penonton," kata Prudhomme dalam wawancara dengan Sports-Auvergne, Rabu (1/4) lalu.(mainsepeda)


COMMENTS