Cara Kapolres Rembang Kampanyekan Gaya Hidup Sehat Lewat Gowes
by - February 11, 2020
Cara Kapolres Rembang Kampanyekan Gaya Hidup Sehat Lewat Gowes
by MainSepeda - February 11, 2020

Bersepeda menjadi gaya hidup sehat yang dijalani AKBP Dolly Arimaxionari Primanto, Kapolres Rembang. Selain intens gowes dua hingga tiga kali seminggu, Dolly juga bersepeda untuk menyapa, dan berbaur dengan masyarakat Rembang.

"Bersepeda itu memiliki banyak filosofi dalam kehidupan. Proses dari start, dan finis itu membutuhkan kesabaran. Selain itu, bersepeda merupakan investasi olahraga hari tua. Dokter cuma menyarankan dua olahraga: bersepeda, dan renang," katanya kepada Mainsepeda.com, Minggu (9/2) siang.

Mantan Wakapolres Sidoarjo ini bercerita, ia mulai bersepeda sejak tujuh tahun lalu. Pada saat itu ia masih bertugas di Jawa Timur (Jatim). Untuk merasakan sensasi touring dengan sepeda, ia bergabung dengan komunitas Surabaya Road Bike Community (SRBC).

Pelbagai event sepeda pernah ia ikuti. Baik yang berjarak di bawah 50 kilometer, hingga yang menempuh rute ratusan kilometer. "Saya pernah ikut Audax East Java. Jaraknya 333 Kilometer. Dari Surabaya ke Banyuwangi. Saat itu saya masih baru di sepeda," ceritanya.

Gaya hidup sehat dengan bersepeda terus ia bawa ketika menjabat sebagai Kapolres Rembang, akhir September lalu. Di Rembang, Dolly biasa bersepeda selama dua hingga tiga kali seminggu. Jarak tempuhnya bervariasi. Mulai 20 kilometer hingga 30 kilometer untuk sekali gowes.

Selain itu, ia juga memimpin sebuah klub sepeda di lingkungan Polres Rembang. Namanya Bhayangkara Bicycle Club (BBC). Anggotanya 600 cyclist. Bersepeda juga menjadi sarana untuk menyapa masyarakat Rembang. Ia menamainya dengan bike to work.

"Melalui program ini kami bersepeda untuk menyapa masyarakat di pasar, sekolah, dan lainnya. Itu yang membuat saya senang," ujar Dolly.

(Kiri-Kanan) Bupati Rembang, Abdul Hafidz, Kapolres Rembang, AKBP Dolly Arimaxionari Primanto, dan Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen

Setelah memasyarakatkan bersepeda di lingkungan Polres, dan masyarakat, Dolly pernah berangan-angan membuat event sepeda di Rembang. Cita-cita ini terwujud lewat Tour de Rembang, Minggu (9/2) kemarin. Event ini diikuti 600 cyclist dari seluruh Indonesia.

"Tour de Rembang adalah cita-cita saya. Kami bekerja sama dengan teman-teman Samba dari Semarang. Alhamdulillah sudah tercapai, dan terlaksana dengan baik. Responnya positif. Pesertanya dari berbagai daerah di Jawa, Kalimantan, dan Sumatera. Semuanya puas," imbuhnya.

Dolly juga mengajak pesepeda dari seluruh Indonesia untuk gowes ke Rembang. Menurutnya, Rembang memiliki rute yang memanjakan pesepeda. "Rembang itu lengkap. Ada gunung, pantai, danau, dan persawahan. Komplet," bilangnya.(mainsepeda)


COMMENTS