Marc Marquez Rutin Gowes untuk Jaga Kondisi

Marc Marquez berhasil menutup musim balap MotoGP 2019 sebagai juara. Kini rider asal Spanyol ini mengisi musim libur balapan dengan bersepeda. Menurut pembalap berjuluk baby alien ini, bersepeda membuat kondisinya tetap bugar.

"Saya cukup sering keluar dengan bersepeda sepanjang musim, dan pada masa istirahat. Kadang saya bersepeda di jalan, kadang di lintasan balap. Saya juga sering pergi ke pegunungan dengan bersepeda," tulis Marquez dalam BoxRepsol, akhir pekan lalu.

Bersepeda menjadi olahraga kedua yang dicintai Marc Marquez selain balap motor. Terkadang ia bersepeda sendirian untuk mengusir penat akibat rutinitas di balap motor. Kadang ia gowes bersama adik sekaligus rekannya di tim Repsol Honda, Alex Marquez.

Selain itu, Marc Marquez juga mengaku lebih senang bersepeda di tengah peleton. "Ketika Anda berada dalam sebuah kelompok, Anda akan berusaha lebih keras, dan lebih kompetitif. Itu baik untuk pelatihan saya," ungkap pemegang delapan gelar juara dunia tersebut.

Terkait pemilihan rute, sebisa mungkin ia sesuaikan dengan menu latihannya. Selain itu, Marc Marquez juga suka gowes di rute yang memiliki panorama indah. Beruntung ada beberapa tempat elok, dan pas untuk dibuat gowes di sekitar tempat tinggalnya di Cervera, Catalonia.

"Ini adalah cara yang menyenangkan untuk menjaga kebugaran tubuh. Bersepeda melatih tubuh Anda, membangun daya tahan, dan menguatkan hati Anda. Anda harus berada dalam kondisi prima untuk balapan di MotoGP. Sebab olahraga ini sangat menuntut secara fisik,"bilang Marquez.

Untuk semua cyclist, Marquez berpesan agar tidak lupa menggunakan helm. Marquez juga berpesan untuk tidak memedulikan seberapa jauh jarak yang ditempuh, dan seberapa cepat saar bersepeda. "Pokoknya lakukan saja!" tegasnya.

FOTO: MotoGP, Box Repsol


COMMENTS