Mandalika Gowes 2019: Jelajah Kawasan Host MotoGP 2021

Mandalika Gowes 2019 menyuguhkan sensasi menjelajah unik. Rute gowes menjelajahi wilayah yang akan menjadi tuan rumah MotoGP 2021. Jelajah yang digeber Minggu pagi itu (27/10), digelar untuk memperingati HUT TNI ke-74, dan HUT Kabupaten Lombok Tengah ke-74.

Mandalika terletak di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Di kawasan wisata seluas 1.035 hektar itu tengah dibangun sebuah sirkuit balap motor. Sirkuit inilah yang nantinya menyelenggarakan balapan MotoGP 2021.

Daya tarik calon tuan rumah MotoGP itu membuat event ini memikat banyak peserta. Total ada 650 cyclist yang terlibat. Mereka tak hanya berasal dari wilayah Lombok, atau NTB saja, ada pula cyclist yang datang dari Bali, Jawa Timur (Jatim), Jakarta, hingga Italia, dan Prancis.

Para peserta Mandalika Gowes 2019 harus menempuh jarak 74 kilometer. Start di Pantai Kuta Mandalika, dan finis di Bazaar Mandalika. Ada tiga titik check point di Pelabuhan Awang, Kecamatan Mujur, dan Praya.

Medannya rolling. Tingkat kemiringan maksimal mencapai angka 10 persen. Walaupun jaraknya 'hanya' 74 kilometer, cuaca yang panas terik (sekitar 40 derajat celsius) membuat ajang ini menyuguhkan tantangan tersendiri bagi pesertanya.

Event yang diselenggarakan oleh Korem 162/Wira Bhakti dan Pemkab Lombok Tengah itu dihadiri oleh Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat Letjen Tatang Sulaiman, bersama Pangdam IX/Udayana Mayjen Benny Susianto.


Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat Letjen Tatang Sulaiman (kanan)

Hadir pula Kapolda NTB Irjen Nana Sujana, Komisaris PT Pindad Mayjen TNI Endang Sodik, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri, Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, dan Wakil Bupati Lombok Tengah, Lalu Fathul Bahri.

“Medannya cukup menantang. Ada banyak tanjakan, di samping cuacanya yang panas sekali. Meski demikian, sangat asyik karena kita bisa menikmati keindahan alam,” kata Tatang.

Amedeo Paroldo menjadi peserta tertua di Mandalika Gowes 2019. Cyclist asal Italia tersebut telah berusia 82 tahun. “Hobi sepeda rupanya tidak mengenal usia, dan jenis kelamin,” imbuh mantan Pangdam IV/Diponegoro itu.


Amedeo Paroldo, cyclist tertua yang ikut Mandalika Gowes 2019

Jenderal bintang tiga itu berharap lebih banyak event serupa yang digelar di Lombok Tengah. Ini untuk menarik banyak wisatawan ke Mandalika. Sebagai pemanasan menuju Mandalika menjadi tuan rumah MotoGP 2021.

Wakil Bupati Lombok Tengah, Lalu Fathul Bahri menambahkan, tujuan acara ini adalah mempromosikan wisata di Lombok Tengah. Salah satunya Mandalika. “Kami berharap masyarakat mengetahui bahwa alam Lombok bagus, dan kondusif,” tuturnya.(mainsepeda)


COMMENTS