Terbesar di Dunia, Tempat Parkir 12.500 Sepeda di Utrecht, Belanda
by - August 26, 2019

Tempat parkir sepeda paling besar di dunia dibuka di Utrecht, Belanda. Gedung yang dibangun di central station Utrecht ini bisa menampung 12.500 unit sepeda. “Semakin hari semakin banyak orang menggunakan sepeda. Mereka biasa memarkir sepeda di dekat stasiun kereta. Kita terus memperbanyak parkir sepeda di Belanda, mulai dari 200.000 hingga 490.000 space. Dan ini berkembang terus,” bilang Van Veldhoven, sekretaris kota Utrecht.     

Secara statistik, seluruh cyclist di Belanda apabila ditotal bisa bersepeda sejauh 15 milyar kilometer per tahun. “Bersepeda sudah menjadi genetik di Utrecht. Di kota inilah pertama kali jalur sepeda dibuka di Belanda pada tahun 1885. Utrecht ingin terus menjadi kota yang indah, sehat, dan enak untuk ditinggali,” tukas Victor Everhardt, councillor Utrecht station area.

itulah mengapa pemerintah kota sangat getol membangun fasilitas yang bagus untuk para cyclist. Gedung parkir sepeda ini dikelola oleh Pemkot Utrecht, Prorail, dan NS.

Selain menyediakan space parkir untuk 12.500 sepeda. Tempat parkir ini juga memiliki lahan parkir untuk 1.000 unit sepeda transportasi umum (OV-fietsen).

Tempat parkir ini buka 24 jam selama 7 hari dan gratis untuk 24 jam pertama. Gedung ini terdiri dari 3 lantai dan ada jalur sepeda yang menggabungkan tiap lantainya. Jadi cyclist bisa naik turun mencari parkir untuk sepeda. Kira-kira mirip seperti parkir gedung untuk mobil di mal.

Gedung ini dilengkapi juga dengan indikator digital jadi memudahkan cyclist untuk menemukan lahan parkir. Dan dapat menunjukkan lahan parkir paling dekat dengan platform kereta yang akan dinaiki cyclist. (mainsepeda)

 


COMMENTS