Tour de Indonesia 2019 – Etape 2
Jeroen Meijers Curi Kemenangan di Batu
by - August 20, 2019

DUEL sengit tiga pembalap jelang finis kembali terjadi pada etape 2 Tour de Indonesia (TdI) 2019. Antara Jerome Meiers, Thomas Lebas, dan Cristian Raileanu. Hasilnya, Meiers (Taiyuan Miogee Cycling) berhasil mencuri kemenangan dari Lebas yang sampai tanjakan terakhir menjelang finis memimpin perlombaan hari ini (20/8).

Persaingan etape 2 sejauh 163,4 km itu terbilang lebih seru dibandingkan etape 1. Hal tersebut tak lepas dari rute yang lebih menantang. Start dari Madiun, finis di Batu. Para pembalap harus melibas kombinasi rute flat dan tanjakan yang cukup berat. 

”Perlombaan hari ini lebih mudah dikontrol. Tidak banyak attack seperti perlombaan hari pertama,” kata Meijers seusai lomba.

”Lomba di Asia selalu tentang breakaway. Kalau bisa mengambil keputusan yang tepat, itu akan menentukan hasil lomba,” lanjut pembalap asal Belanda tersebut. 

Setelah perlombaan king of mountain (KOM), pembalap terbagi dalam tiga rombongan. Terdepan Lebas, Meijers, dan Raileanu. Rombongan kedua, peloton dengan 24 pembalap terpaut 2 menitan dari Lebas dkk. Lalu, ada grup lebih kecil di belakang yang berusaha mengejar rombongan kedua. 

Tiga pembalap terdepan terus menjaga pace sehingga tidak mampu dikejar peloton. Pada akhir lomba, Meijers punya energi lebih besar untuk memenangi sprint.

Sementara itu, Angus Lyons (Olivers Real Food Racing Team), Ryan Roth (Xspeed United Continental), dan Mario Vogt (Team Sapura Cycling), yang pada etape pertama menguasai top three, pada etape kedua kemarin tak mampu bersaing dalam persaingan perebutan podium. Bahkan, Lyons terlempar dari 10 besar etape kedua. Sedangkan, Roth dan Vogt berhasil finis keenam dan kedelapan. 

Posisi finis yang cukup bagus itu mengantarkan Roth menyandang green jersey sebagai tanda penguasa general classification. Total, dia mengoleksi 7 jam 48 menit 14 detik dari dua etape. Unggul 50 detik dari Vogt yang menduduki peringkat kedua general classification

Selanjutnya para pembalap akan menempuh etape ketiga dari Batu menuju Jember. Ini akan menjadi etape paling panjang dengan jarak mencapai 193 km. (*)

 

 

Hasil Etape 2
(Sepuluh Besar)

1. Jeroen Meijers, Taiyuan Miogee Cycling 3 jam 51 menit 12 detik
2. Cristian Raileanu, Team Sapura Cycling +0 detik
3. Thomas Lebas, Kinan Cycling Team +0 
4. Jesse Ewart, Team Sapura Cycling +1:05 
5. Salvador Guardiola, Kinan Cycling Team +1:06 
6. Ryan Roth, Xspeed United Continental +1:11 
7. Ryan Cavanagh, St. George Continental Cycling Team +1:58
8. Mario Vogt, Team Sapura Cycling +2:03 
9. Goh Choon Huat, Terengganu Cycling Team +2:03 
10. Aiman Cahyadi, PGN Cycling Team +2:37 


General Classification
(Setelah Etape 2, Sepuluh Besar)

1. Ryan Roth, Xspeed United Continental 7 jam 48 menit 14 detik
2. Mario Vogt, Team Sapura Cycling +50 detik
3. Goh Choon Huat, Terengganu Cycling Team +1 menit
4. Angus Lyons, Olivers Real Food Racing Team +1:26
5. Jeroen Meijers, Taiyuan Miogee Cycling +1:36
6. Cristian Raileanu, Team Sapura Cycling +1:40
7. Thomas Lebas, Kinan Cycling Team +1:42
8. Jesse Ewart, Team Sapura Cycling +2:51
9. Genki Yamamoto, Kinan Cycling Team +3:34
10. Ryan Cavanagh, St. George Continental Cycling Team +3:44

 

 

 

 

 

 


COMMENTS