Tour de Indonesia 2019 - Etape 1
Menang Sprint, Angus Lyons Rebut Etape Pembuka
by - August 19, 2019

PERSAINGAN seru langsung tersaji dalam etape pembuka Tour de Indonesia 2019. Start dari Candi Borobudur dan finis di Ngawi, 20 tim saling adu strategi untuk mengantarkan pembalap jagoannya menjadi yang terdepan. Hasilnya, Angus Lyons dari Olivers Real Food Racing Team (Australia) menjadi yang terdepan.

Lyons bersaing ketat dengan dua pembalap untuk merebut gelar juara etape 1. Dia finis bersamaan dengan Ryan Roth (Xspeed United Continental) dan Mario Vogt (Team Sapura Cycling). Ketiganya membukukan waktu sama 3 jam 55 menit 58 detik .

Dengan kemenangan itu, Lyons berhak menyandang green jersey sebagai tanda pemimpin general classification. Berbeda dengan event balap major lain, pemimpin klasemen umum di TdI 2019 diberi jersey hijau. Sedangkan jersey kuning untuk pembalap Asia terbaik.

”Menurut saya ini cukup mengejutkan karena jarak waktunya sangat dekat. Saya tidak tahu juka saya menjadi yang tercepat sampai salah seorang dari tim saya memberi tahu. Saya sangat senang,” kata Lyons usai balapan.

Tour de Indonesia 2019 resmi dimulai dari Candi Borobudur di Magelang dan berakhir di Alun-Alun Ngawi yang berjarak 182,7 kilometer. Foto atas: Pebalap Oliver’s Real Food Racing Team dari Australia, Angus Lyons menjadi yang tercepat di etape pertama Tour de Indonesia 2019 (TdI), Senin (19/8).

 

Cuaca panas di sepanjang perjalanan berjarak 182,7 kilometer dari Candi Borobudur menjuju Alun-Alun Ngawi pun tak jadi persoalan buat Lyons. Sebab ia sudah terbiasa dengan cuaca panas di Australia yang mencapai 36 derajat celcius.

Sejak memulai balapan, Lyons mengaku semua berjalan dengan baik dan cukup mudah. Namun, memasuki 25 kilometer terakhir jelang finis, jalur yang dilewati menjadi cukup sulit dan melelahkan buat pembalap.

Sementara itu, red jersey sebagai tanda sprinter terbaik direbut oleh Vogt. Disusul Lyons dan Roth di urutan kedua dan ketiga. Sedangkan raja tanjakan (blue jersey) direbut oleh Roth. Di sisi lain, pemegang yellow jersey atau pembalap Asia terbaik di etape pertama diberikan kepada Goh Choon Huat (Trengganu Cycling Team).

Sementara itu, pebalap KFC Cycling Team Muhammad Abdurrohman menjadi pembalap Indonesia yang tercepat. Dia mencatatkan waktu 3 jam 57 menit 54 detik. Disusul Aiman Cahyadi dari PGN Road Cycling Team dengan selisih 54 detik serta Selamat Cahyadi yang juga dari KFC. (*) 

 

 

Hasil Etape 1

(Lima Besar)

1. Angus Lyons, Olivers Real Food Racing Team 3 jam 55 menit 58 detik

2. Ryan Roth, Xspeed United Continental + 0 detik

3. Mario Vogt, Team Sapura Cycling + 0 detik

4. Goh Choon Huat, Trengganu Cycling Team + 1 detik

5. Marcus Culey, Team Sapura Cycling + 3 detik  

 

General Classification

(Setelah Etape 1, Lima Besar)

1. Angus Lyons, Olivers Real Food Racing Team 3 jam 55 menit 58 detik

2. Ryan Roth, Xspeed United Continental + 0 detik

3. Mario Vogt, Team Sapura Cycling + 0 detik

4. Goh Choon Huat, Trengganu Cycling Team + 1 detik

5. Marcus Culey, Team Sapura Cycling + 3 detik


COMMENTS