Julian Alaphilippe (QuickStep Alpha Vinyl) bernasib malang di Liège–Bastogne–Liège 2022. Ia terpesorok ke parit saat terjebak dalam kecelakaan massal di Col du Rosier, sekitar 60 kilometer menuju finis. Alaphilippe harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami patah tulang.

Alaphilippe terjatuh bersama dua lusin pembalap. Termasuk Tom Pidcock (Ineos Grenadiers), Romain Bardet (Team DSM), dan Wilco Kelderman (Bora-Hansgrohe). Alaphilippe adalah pembalap terparah yang terimbas insiden itu. Pembalap asal Prancis tersebut jatuh di parit dan menghantam pohon.

"Tom Pidcock dan seorang pebalap DirectEnergies jatuh di depan saya. Saat mengamati sekeliling, saya melihat Julian berada di lima atau enam meter di bawah. Ia berada dalam situasi yang buruk. Tak ada yang datang dan ia sangat membutuhkan bantuan. Itu adalah situasi darurat," cerita Bardet kepada Velonews.

Menurut France Télévisions, juara dunia 2020 dan 2021 ini dalam kondisi sadar saat dibawa ambulans ke rumah sakit. Dalam laman resminya, tim QuickStep Alpha Vinyl melaporkan, ada dua pembalapnya yang terlibat kecelakaan di Liège–Bastogne–Liège 2022, yakni Ilan Van Wilder dan Alaphilippe.

"Ilan mengalami patah rahang dalam kecelakaan massal itu. Dalam insiden yang sama, Julian mengalami patah tulang rusuk, patah tulang belikat, dan hemo pneumotoraks. Kondisinya stabil, tetapi perlu dirawat di rumah sakit untuk observasi. Keduanya akan melakukan perjalanan dengan ambulans ke Herentals untuk pemeriksaan dan perawatan lebih lanjut," jelas QuickStep, Senin (25/4) dini hari.

Insiden ini menumpuk kemalangan Alaphilippe di Liège–Bastogne–Liège. Pembalap asal Prancis ini gagal juara pada musim 2021 setelah dikalahkan Tadej Pogacar (UAE Team Emirates). Ia juga gagal juara pada musim 2020 akibat terlalu dini berselebrasi. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 82

Foto: Bas Czerwinski/Getty Images

Populer

Carlos Rodriguez Bungkus Gelar Juara Umum Tour de Romandie
Bike and Camp, Cara Unik Mumed CC Gelar Acara Halal Bihalal 
Kolom Sehat: Sisi Lain Bromo
Tour de Romandie 2024 Etape 4: Puasa Kemenangan Eks Juara Olimpiade Berakhir di Leysin
Kalender Event Mainsepeda 2024: East Java Journey Pertama, Bromo KOM X 18 Mei
Jajal Rute Cirebon-Tasikmalaya Bareng Komunitas, Azrul Ananda Melintasi Tanjakan Kaki Gunung Ciremai
Pompa Ban Anda sesuai Berat Badan
Siap-Siap! Registrasi Bromo KOM X Dibuka Kamis, 21 Maret Pukul 03.00 WIB
Kolom Sehat: MVDP dan Nuntun Sopan di Koppenberg
Attack di 60 Km Akhir, Mathieu van der Poel Menang Fenomenal di Paris-Roubaix