PERATURAN PERLOMBAAN (COMPETITIVE)

Kategori lomba

MEN KOM
Men Elite
Age Category 30-34
Age Category 35-39
Age Category 40-44
Age Category 45-49
Age Category 50-54
Age Category 55+

WOMEN QOM
Women Elite
Age Category 30-34
Age Category 35-39
Age Category 40+

FOLDING BIKE
Brompton
Sepeda Lipat


PERATURAN KHUSUS BROMO KOM CHALLENGE 2020

  1. Pembalap Men dan Women yang masih aktif berlomba di kategori elite, tidak diperbolehkan mengikuti kategori usia (age category 30-34, 35-39, 40-44, 45-49, 50-54, 55+)
  2. Setiap peserta diwajibkan sudah berusia di atas 15 tahun pada saat pelaksanaan BROMO KOM CHALLENGE 2020 dan dinyatakan sehat (dengan menunjukkan surat keterangan dokter) untuk mengikuti rangkaian kegiatan serta tidak punya masalah medis apapun yang dapat mempengaruhi partisipasi pada kegiatan BROMO KOM CHALLENGE 2020
  3. Peserta harus melakukan registrasi online melalui website www.mainsepeda.com dengan melengkapi data / informasi asli diri meliputi nama lengkap, tanggal, bulan dan tahun lahir. Dengan mengisi formulir yang telah disediakan pada website serta melampirkan bukti orisinil  KTP / paspor.
  4. Sepeda yang dipergunakan adalah sepeda jalan raya / road bike (untuk lomba KOM & QOM), tidak terdapat mesin serta dilengkapi dengan 2 rem (depan dan belakang) yang berfungsi dengan baik.
  5. Khusus untuk lomba folding bike (non brompton), menggunakan ring roda max 20 X 1.75, termasuk ban 20 - 451, sepeda bisa dilipat serta tidak terdapat mesin dan dilengkapi dengan 2 rem (depan dan belakang) yang berfungsi dengan baik.
  6. Khusus untuk lomba folding bike (brompton) harus memakai frame brompton asli, sepeda bisa dilipat serta tidak terdapat mesin dan dilengkapi dengan 2 rem (depan dan belakang) yang berfungsi dengan baik.
  7. Peserta wajib menggunakan helm pengaman selama dalam rangkaian perlombaan.
  8. Seluruh peserta wajib menggunakan jersey dan starter kit yang telah disediakan oleh panitia dan tidak diperbolehkan memakai jersey dan identitas di luar yang disediakan panitia dengan alasan apapun.
  9. Peserta wajib menggunakan nomor peserta dan nomor sepeda yang dipasang dengan benar dan sesuai dengan ketentuan lomba. Apabila terjadi kesalahan pemasangan yang menyebabkan tidak terekam pada kamera finish, maka segala kerugian  yang yang dialami oleh peserta menjadi tanggung jawab peserta tersebut.
  10. Nomor peserta dan nomor sepeda apabila digunakan bukan atas nama pendaftar, maka yang terdaftar dan yang menggunakan nomor tersebut akan dikenakan sanksi diskualifikasi pada nomor lomba yang diikuti tersebut.
  11. Peserta wajib melakukan sign on (menandatangani daftar hadir) satu jam sebelum lomba dimulai dan ditutup 25 menit sebelum start dilaksanakan.
  12. Kecepatan saat neutralized start akan ditentukan / dipandu oleh commissaire.
  13. Seluruh peserta road bike wajib start dari Lapangan Kodam V Brawijaya Surabaya dan peserta folding bike akan memulai start dari GOR Untung Surapati Kota Pasuruan. Peserta yang melanggar atau kedapatan melakukan loading sepeda, baik dengan mobil evacuation maupun kendaraan pribadi dengan alasan apapun, dianggap tidak masuk finish / do not finish (DNF), dan tidak berhak memperoleh finisher medals.
  14. Apabila pembalap mengalami mechanical problem saat neutralized start maka dianggap A Normal Race Incident dan neutralized start tetap berjalan seperti biasa.
  15. Real start dilaksanakan dengan cara Flying Start / tanpa berhenti.
  16. Pembalap yang diketahui atau kedapatan berangkat terlebih dahulu / jump start sebelum pemberangkatan kelompok dalam kategorinya / flag off di garis start KOM dan QOM, dianggap gugur atau diskualifikasi.
  17. Tidak ada pengawalan atau personal support dari official untuk peserta lomba.
  18. Pembalap bisa mengambil sendiri refreshment atau supply di area feeding zone (ada 2 tempat feeding zone) yang telah disediakan oleh organizer.
  19. Manuver pada saat sprint tidak diperbolehkan, karena mengganggu atau akan membahayakan pembalap lain.
  20. Sanksi atas pelanggaran akan diputuskan oleh Panel Commissaire, yaitu sanksi penggeseran posisi / relegation sampai dengan diskualifikasi.
  21. Pemenang lomba adalah peserta yang berhasil menduduki peringkat 1 sampai 3 pada kategori usia 30-34, 35-39, 40-44, 45-49, 50-54, 55+ dan folding bike. Sekaligus pemenang wajib menunjukkan keaslian kelengkapan data diri.
  22. Pemenang lomba adalah peserta yang berhasil menduduki peringkat 1 sampai 5 pada kategori Men Elite dan Women Elite. Sekaligus pemenang wajib menunjukkan keaslian kelengkapan data diri.
  23. Penentuan juara ditentukan atas urutan kedatangan (placing) di garis finish.
  24. Apabila terjadi force majeure yang mengakibatkan perlombaan dihentikan, maka penentuan poin / pemenang akan diputuskan oleh tim commissaire.
  25. Hasil perlombaan akan diumumkan 10 menit sebelum dilakukan upacara penganugrahan pemenang (UPP), peserta dapat mengajukan protes dalam kurun waktu tersebut, protes tidak akan ditanggapi pada saat / setelah UPP.
  26. Peserta yang menjadi juara wajib hadir dalam UPP (upacara penganugerahan pemenang) dan tidak boleh diwakilkan. Harus mengenakan jersey sesuai katagori lomba yang telah ditentukan dan bersepatu, kecuali dengan alasan dan atau pertimbangan tertentu. (keputusan akan ditentukan oleh tim commissaire dan panitia penyelenggara).
  27. Peserta yang tidak mengikuti UPP (upacara penganugerahan pemenang), hadiah tidak akan diberikan.
  28. Protes dapat diajukan secara tertulis disertai bukti-bukti dengan membayar uang protes sebesar Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah) sebagai jaminan. Jika protes diterima, uang protes akan dikembalikan dan jika protes ditolak, uang protes menjadi hak panitia.
  29. Peserta wajib mentaati semua peraturan lomba yang telah ditetapkan dan telah menjadi keputusan penyelenggara dan commissaire.
  30. Ketentuan lain yang belum tercantum dalam peraturan ini, pihak penyelenggara / organizer akan memberitahukan lebih lanjut via email atau media lainnya.

PERATURAN BIG RIDE (PELOTON NON COMPETITIVE)

  1. Peserta

Setiap peserta diwajibkan sudah berusia di atas 15 tahun pada saat pelaksanaan BROMO KOM CHALLENGE 2020 dan dinyatakan sehat (dengan menunjukkan surat keterangan dokter) untuk mengikuti rangkaian kegiatan serta tidak punya masalah medis apapun yang dapat mempengaruhi partisipasi pada kegiatan BROMO KOM CHALLENGE 2020

  1. Jenis Sepeda

Peserta BROMO KOM CHALLENGE 2020 katagori big ride (peloton non competitive) diperbolehkan memakai segala jenis sepeda, tidak terdapat mesin dan dilengkapi dengan 2 rem (depan dan belakang) yang berfungsi dengan baik.

  1. Pemimpin Rombongan

Seluruh peserta yang mengikuti BROMO KOM CHALLENGE 2020, mulai dari start sampai finish akan dipandu oleh pemimpin rombongan (road captain) dengan kecepatan yang mengacu pada ketentuan tim commissaire / road manager.
Selama perjalanan, peserta dilarang mendahului pemimpin rombongan (road captain) serta harus patuh kepada perintah pemimpin rombongan (road captain) dan tim commissaire / road manager.
Mobil pendukung peserta tidak diijinkan untuk mengikuti rangkaian rombongan dari startsampai finish, melainkan dengan waktu yang telah ditentukan oleh panitia dan tim commissaire / road manager.

  1. Jersey dan Starter kit

Seluruh peserta yang sudah teregistrasi dengan benar dan sesuai ketentuan akan mendapatkan jersey beserta starter kit sesuai dengan kategori yang dipilih, meliputi kategori competitive maupun non-competitive sesuai dengan ukuran dan kelengkapan sesuai dengan data yang dilengkapi pada saat registrasi.
Seluruh peserta wajib menggunakan jersey dan starter kit yang telah disediakan oleh panitia. Tidak diperkenankan memakai jersey dan starter kit diluar yang disediakan panitia dengan alasan apapun.
Apabila terdapat peserta yang tidak memakai kelengkapan kegiatan seperti, jersey dan starter kit sesuai dengan ketentuan yang berlaku selama kegiatan BROMO KOM CHALLENGE 2020, maka peserta tersebut akan dikeluarkan dari rombongan peserta BROMO KOM CHALLENGE 2020 dan dilarang melanjutkan kegiatan.

  1. Batas Waktu Bersepeda

Time limit untuk seluruh peserta adalah pukul satu siang (13.00 WIB) harus sudah sampai di garis finish Pendopo Agung desa Wonokitri, Bromo.

  1. Asuransi

Seluruh peserta kegiatan BROMO KOM CHALLENGE 2020 terlindungi asuransi selama pelaksanaan dengan batas waktu (1 x 24 jam).

  1. Makanan dan Minuman

Selama kegiatan  BROMO KOM CHALLENGE 2020, panitia menyediakan cukup makanan dan minuman untuk seluruh peserta dari start sampai pada finish, mulai dari menyediakan 1 tempat untuk pitstop pemberhentian dan 2 area feeding zone sebagai tempat refreshment atau supply. Peserta wajib untuk berhenti di pitstop 1 dan tidak wajib untuk berhenti di 2 area feeding zone.

  1. Lain-lain

Panitia kegiatan BROMO KOM CHALLENGE 2020 tidak bertanggung jawab atas kerusakan dan kehilangan barang pribadi peserta dalam bentuk apapun selama pelaksanaan kegiatan BROMO KOM CHALLENGE 2020.
Seluruh peserta diharuskan untuk selalu mematuhi peraturan yang berlaku serta menjaga ketertiban dan keamanan selama kegiatan BROMO KOM CHALLENGE 2020 dilaksanakan.

  1. Saran
  • Peserta disarankan untuk membawa jas hujan (raincoat).
  • Peserta disarankan memakai pelindung tangan (arm sleeve).
  • Peserta disarankan memakai cream anti sinar UV (sunblock).
  • Peserta disarankan membawa ban dalam cadangan.
  • Peserta disarankan membawa lampu sepeda (depan dan belakang).
  • Peserta disarankan membawa tool kit pribadi.